APA ITU VARIGATA?

“Varigata sebuah kelemahan yang menjadi kelebihan dan menambah nilai sebuah tanaman, perawatannya berbeda, kekurangan perhatian dan perawatan bisa menyebabkan, hilangnya corak Variegata”

Monstera Borsigiana Variegata

Dalam Wikipedia sebagai bahan perbandingan definisi tanaman Variegata : ” In plants, variegation means the appearance of different coloured zones on leaves, stems, fruit or flowers. Therefore, a variegated plant would appear two-toned or multi-tonal. The variegated sections on a plant may appear as stripes, spots, circles, borders and other shapes

Varigata adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut kelainan pada tumbuhan yang memiliki corak berwarna berbeda dengan warna aslinya yaitu warna hijau. varigata atau variegata merupakan sebuah istilah yang dipakai adalah sebutan juga nama pada kelainan tersebut, kelainan yang menimbulkan corak berwarna berbeda dengan warna aslinya. Kelainan ini pada akhirnya terlihat estetis karena adanya warna lain pada warna alami daun yaitu berwarna hijau. Pada manusia dan hewan pun terjadi karena kekurangan zat warna tubuh atau pigmen. Sementara itu, albino pada tumbuhan terjadi karena kekurangan zat hijau daun atau klorofil. Karena kekurangan zat klorofil, daun-daunnya jadi berwarna putih, seperti di cat.

Ilustrasi oleh @tobancay

Variasi warna daun yang disebut varigata terjadi karena kurangnya pigmen hijau klorofil pada beberapa sel tumbuhan, biasanya terjadi efek dari mutasi sel. Varigata bisa merupakan kondisi natural atau kelainan yang terjadi secara genetik, fakta-fakta alami ini yang menjadi nilai bagi manusia, Ada upaya dari para petani, plant antusias/lover untuk memberikan zat Kimia pada tanaman, sehingga dapat merangsang perubahan terjadi, dan tetapi biasanya tetap tidak menyerupai dan sebagus hasil varigata alami kadang bisa berubah kembali menjadi hijau.

Apabila kelainan ini terjadi secara alami biasanya, corak albinonya tidak hanya pada satu daun saja. Tetapi pada seluruh daun termasuk daun yang baru batang dan pucuk daun yang akan tumbuh. Lebih menarik lagi, proses non alami untuk menghadirkan corak albino pada tumbuhan hanya bisa bertahan sementara waktu. Pengurusan tanaman varigata juga tidak sembarangan dan tidak asal, meskipun mudah, pengaturan cahaya dan pemberian air juga suhu juga harus diperhatikan. Apalagi ketika tanaman tersebut disimpan didalam ruangan. kurangnya perhatian bisa menyebabkan tanaman kehilangan corak dan warna hijau menjadi lebih dominan, bahkan bisa hilang.

Salah satu jenis tanaman dengan varigata yang cukup digemari dan diminati dan menjadi komoditas adalah “Monstera”, bentuk unik daun unik Monstera seolah menmbah nilai estetis yang keluar secara natural, selain kekuatannya disimpan didalam ruangan, dan perawatannya yang cukup mudah, Motif variegata dibedakan menjadi dua macam, yaitu variegata alami dan kultur jaringan. Variegata alami, memang tergolong langka dan juga dicari, dan kenapa tanaman bisa menjadi mahal harganya Salah satu penyebab tanaman hias bisa mahal adalah keunikan dari penampilan tanaman hias tersebut. Dahulu, penggemar tanaman hias hanya berdatangan dari kalangan atas sehingga pasar tanaman hias seperti pasar seni. Pembelinya akan membeli keindahan dari karya seni tersebut, tak heran harganya cenderung mahal. (Marine / April 2020)

Leave a Reply