Sekilas, Philodendron Plowmanii

Salah satu Philodendron yang hidup merayap Plowmanii

Ada dua tipe Philodendron yang populer yaitu jenis yang memanjat dan merayap, Philodendron Plowmanii adalah salah satu jenis Philo yang merayap kepinggir, tanaman ini bisa ditaruh didalam ruangan dengan perawatan sederhana. Ditemukan oleh seorang Botanical Timothy Plowman. Jika kalian penyuka Philodendron maka Plowmanii cocok untuk disimpan di dalam ruangan, pertumbuhannya termasuk yang lambat, mempunyai motif daun yang sangat indah, dari patern abu abu juga ruas daun yang kuat, seperti otot. sampai batang yang bergerigi, Namun jika pertumbuhannya ingin dipercepat, mudah kok tinggal taruh diluar ruangan dia bisa membesar daunnya sampai sebesar kepala manusia, uniknya batangnya tidak menopang daun, tapi berada di dasar tanah, oleh karena itu dia akan merayap kepinggir, memanjang dan biasanya hidup berkoloni Philodendron Plowmanii banyak disamakan dengan jenis Philodendron Mamei, yang juga merayap, dan hampir memiliki motif daun yang sama.

Daun tidak begitu tebal dengan permukaan kasar, karena adanya garis-garis halus. Philodendron Plowmanii tergolong sebagai salah satu tanaman yang langka karena cukup sulit untuk dikembang biakan sendiri. hidp ditempat lembab dan agak sensitif dengan cuaca panas, Hal paling penting dalam perawatan jenis Philodendron ini adalah air, mengingat tanaman ini membutuhkan media yang selalu lembab. Pemberian air bisa dilakukan sebanyak dua kali setiap harinya, menggunakan sedikit semprotan ke bagian batang, pastikan untuk tidak sampai tergenang. Pemupukan tanaman bisa dilakukan dengan pupuk berkualitas tinggi karena akar tanaman tergolong cukup sensitif. Kebutuhan tanaman akan cahaya tergolong tinggi tetapi tidak boleh terkena cahaya matahari langsung terus-menerus. Letakkan tanaman pada tempat yang terkena cahaya matahari tidak langsung sebagian saja. Ketika akar tanaman sudah tumbuh keluar dari pot, lakukan pemindahan tanaman pada ukuran pot yang lebih besar lagi.

Philodendron Plowmanii adalah tanaman masuk kategori langka oleh karena itu akan memberikan kesan terbaik di antara tanaman tropis lainnya. (marine)

Leave a Reply